Senin, 21 Januari 2019

PLN Online : Tagihan Listrik Membengkak? Coba Lakukan Ini agar Bisa Hemat Listrik


PLN Online : Tagihan Listrik Membengkak? Coba Lakukan Ini agar Bisa Hemat Listrik

Kebutuhan bulanan rumah tangga setiap bulannya tidak selalu dengan jumlah yang konstan. Beberapa waktu akan meningkat atau pun menurun sesuai dengan kebutuhan yang ada. Salah satu yang mempengaruhi besarnya pengeluaran bulanan rumah tangga adalah pembayaran listrik. Anda bisa melakukan pembayaran dengan datang langsung ke PLN atau melakukan pembayaran di PLN online.
Lakukan Ini agar Bisa Hemat Listrik
Anda bisa juga menggunakan berbagai layanan dengan mengunjungi website PLN. Pelayanan akan dikoordinasikan secara online untuk datang ke rumah Anda. Ada banyak sekali penyebab dari naik turunnya biaya listrik yang dibayarkan setiap bulannya. Ini beberapa cara yang bisa Anda coba agar bisa menghemat biaya listrik yang dikeluarkan.

1.      Mencabut Kabel Elektronik
Anda perlu mengetahui bahwa peralatan elektronik yang meskipun tidak digunakan, tetapi tetap tercolok di stop kontak tetap mempengaruhi biaya listrik. Hal ini karena listrik akan tetap mengalir ke dalam kabel peralatan elektronik tersebut. Jadi, sebaiknya saat elektronik Anda sudah tidak digunakan lagi, cabut saja kabelnya dari stop kontak.

2.      Matikan Lampu Jika Tidak Diperlukan
Salah satu yang pasti akan digunakan secara rutin setiap hari di rumah Anda adalah lampu. Cara untuk menghemat tagihan listrik bisa Anda lakukan dengan menghemat pemakaian lampu. Hemat lampu yang dimaksud adalah menggunakan lampu di waktu yang benar-benar perlu yaitu pada malam hari.
Saat siang hari, sebaiknya Anda memanfaatkan cahaya matahari yang ada secara optimal. Selain itu, Anda bisa melakukan hemat pemakaian lampu dengan menerapkan untuk mematikan lampu di jam tertentu. Coba lakukan di jam 17.00 sampai jam 20.00. Cara lainnya dengan menggunakan lampu LED.

3.      Cerdas Menggunakan AC
Buat Anda yang menggunakan AC di rumah bisa mengatur penggunaannya secara cerdas sebagai salah satu upaya untuk menghemat biaya listrik. Sebab, AC merupakan salah satu elektronik yang memakan banyak daya listrik. Jadi jangan heran apabila mendapati tagihan di PLN online yang selalu besar, sebab Anda terus menggunakan AC yang boros listrik.
Sebaiknya Anda menggunakan AC yang hemat energi dan memiliki pengaturan otomatis untuk pengaturan hidup dan mati sesuai suhu ruangan. Matikan AC saat Anda tidak berada di dalam ruangan tersebut.

4.      Mengatur Pemakaian Elektronik
Beberapa jenis elektronik yang pemakaiannya mempengaruhi biaya listrik adalah setrika, alat pemasak nasi, dan televisi. Anda bisa memilih setrika yang memiliki pengaturan panas otomatis, sehingga dapat hidup dan mati dengan sendirinya. Solusi lainnya dengan mengatur jadwal khusus untuk menyetrika. Jadi Anda tidak perlu setiap hari mencolokkan setrika. Misalnya dengan mengatur jadwal setiap minggu untuk menyetrika semua pakaian.
Alat elektronik berikutnya yang tak kalah banyak mempengaruhi pengeluaran biaya listrik adalah rice cooker. Penting untuk Anda mengatur pemakaiannya dengan mencabut kabelnya dari colokan saat nasi sudah masak. Tidak dibiarkan hidup sepanjang hari, terlebih saat nasi di dalam alat pemasak tersebut sudah tinggal sedikit.
Anda juga bisa mengatasi ini dengan menggunakan alat pemasak nasi yang akan mati dan hidup begitu nasi selesai dimasak. Selanjutnya alat elektronik yang juga perlu diatur pemakaiannya adalah televisi. Anda perlu mengatur pemakaian televisi ini dengan bijak. Mengatur waktu untuk menonton menjadi salah satu solusi yang terbaik. Selain itu, cabutlah colokan listrik televisi sebelum Anda tidur di malam hari.
Ini hanya beberapa cara yang bisa dicoba untuk menghemat pembayaran listrik. Anda bisa menyesuaikannya dengan jenis barang elektronik yang ada di rumah. Lihat perbedaan yang terjadi dari besaran biaya ketika Anda menerapkan cara ini. Buat Anda yang akan melakukan pembayaran listrik tidak perlu jauh-jauh ke PLN atau ke agen pembayaran. Anda bisa melakukan pembayaran di PLN online dengan mengunjungi website-nya.



1 komentar: