Senin, 26 Maret 2018

Keutamaan Desain Dapur Minimalis Ala Rumah Tropis yang Fresh


Keutamaan Desain Dapur Minimalis Ala Rumah Tropis yang Fresh

Dapur merupakan salah satu bagian rumah yang penting. Ukuran dapur sangat beragam yang disesuaikan dengan ukuran rumah. Dapur minimalisadalah dapur yang dimiliki rumah minimalis. Ruang yang terbatas ini justru sudah banyak didesain dengan gaya fresh ala rumah tropis masa kini. Proses memasak dan menyiapkan makanan tentu jadi lebih asyik.
Rumah tropis adalah sebuah rumah dengan desain modern yang dilengkapi dengan konsep hijau, baik tema ruangan ataupun tanaman hijaunya. Ciri khas rumah ini menjadikan pemandangan hijau dan menghadirkan udara yang sejuk. Inilah keutamaan desain dapur yang minimalis ala rumah tropis kekinian yang tentunya fresh untuk Anda.

1.    Tema Ruangan yang Hijau
Salah satu ciri khas dari dapur berkonsep minimalis rumah tropis adalah tema ruangan yang hijau.  Konsep warna hijaunya merupakan ciri utama yang menghadirkan suasana baru yang sejuk dan nyaman. Tema dapur yang hijau dengan kombinasi warna lain, seperti putih, cokelat, ataupun warna lain yang senada merupakan komposisi warna yang menarik.

2.    Pemandangan Hijau yang Menyegarkan
Selain konsep warna hijau, pemandangan hijau juga dihadirkan dalam ruangan dapur rumah tropis. Pemandangan hijau ini berasal dari tanaman pot yang ada di dalamnya. Tak hanya itu, Anda juga bisa menambahkan tanaman yang digantung menggunakan pot gantung. Jika ingin lebih hidup, maka vas bunga dengan bunga hias atau tanaman hias bisa ditambahkan.

3.    Desain Dapur yang Open Plan
Desain dapur di rumah tropis yang open plan merupakan konsep yang sangat melegakan. Nuansa terbuka di dalam rumah bisa hadir dari desain tersebut. Pada dapur minimalis open plan ini, nuansa hijau bisa menjadi pembeda antara satu ruang dan ruang lainnya. Selain itu, hiasan berupa tanaman bisa memberikan suatu tanda bahwa terdapat batas antar ruang.
Anda dapat membatasi dapur dengan ruang di sebelahnya, yaitu bisa jadi ruang makan, ruang keluarga, ataupun ruang lainnya. Ruang terbuka atau open plan dengan sekat tanaman atau tirai mampu menimbulkan nuansa yang lebih berwarna dan tidak kaku. Hal ini membuat luas dapur yang terbatas seakan lebih luas dan tidak terpaku dalam satu ruang saja.

4.    Konsep Pintu Kaca
Kaca merupakan salah satu komponen rumah tropis yang mampu memberikan kesan ruangan tampak lebih luas. Pintu kaca adalah salah satu bagian rumah yang bisa menghidupkan suasana rumah menjadi lebih terang. Pintu ini sangat cocok untuk membatasi antara ruang makan dengan ruang keluarga, ataupun ruang makan dengan taman samping rumah.
Ketika pintu kaca digunakan untuk batas antara ruang dalam rumah dengan luar, seperti taman, teras samping, atau halaman samping, pastikan ada tembok rumah yang membatasi antara jalan dengan lingkungan rumah demi keamanan. Bagian depan rumah juga diberi gerbang agar aman.

5.    Sekat Ruangan yang Tidak Permanen
Sekat antar ruangan yang umumnya terbuat dari batu bata tentu dinilai kaku ketika diterapkan untuk rumah minimalis. Demikian halnya yang terjadi pada dapur yang minimalis. Untuk itu, sekat antar ruangan untuk dapur minimalis rumah tropis menggunakan sekat non permanen agar suasana tidak gerah, jauh dari kata bosan, dan terlihat lebih luas.
Bahkan, sekat non permanen bisa menjadikan ruang dapur minimalis tersebut menyatu dengan ruangan lain. Sekat tidak permanen tersebut contohnya partisi, pintu kaca, folding door, tirai, dan sebagainya, yang sewaktu-waktu bisa dibuka untuk menghidupkan suasana.
Desain interior yang fresh mampu memberikan kesan baru yang terasa nyaman. Dapur minimalis berkonsep tropis merupakan hal baru dan sangat cocok untuk suasana udara yang semakin tropis seperti saat ini. Konsep hijaunya mampu menyejukkan ruangan dan komponen kaca serta ruang terbuka adalah ciri khas konsep yang segar ini.


0 komentar:

Posting Komentar