Senin, 12 Februari 2018

Tips Mengendarai Motor Kopling Manual Bagi Pemula

Tips Mengendarai Motor Kopling Manual Bagi Pemula

Di dalam sepeda motor, fungsi kopling adalah menghubungkan dan memutus putaran dari engine atau mesin menuju transmisi. Cara mengendarai motor dengan kopling yang manual memang berbeda dengan yang otomatis. Karena caranya dirasa rumit bagi sebagian besar orang, maka biasanya yang suka mengendarai motor jenis ini adalah para pria, hanya beberapa wanita saja yang mau mengendarai. Cara mengendarai motor kopling manual sebenarnya tidaklah sesulit yang dibayangkan, hanya saja memang butuh keterampilan dan daya reflex yang tinggi ketika di jalan.

Kopling biasa dipasang pada motor-motor sport dengan rangka motor yang besar yang memang cocoknya untuk para pria. Oleh sebab itu, bagi Anda yang masih pemula, perlu kiranya memahami beberapa hal berikut ini sebagai cara mengendarai motor kopling manual. Sebagai langkah awal, tentu saja sama dengan mengendarai motor lainnya, yaitu memutar kunci pada posisi ON. Pada saat ini, posisikan transmisi dalam keadaan netral saja untuk memudahkan Anda dan menghindari bahaya. Lalu, simak langkah-langkahnya berikut ini:

• Tekan tombol starter
Tekanlah tombol starter sampai motor Anda berbunyi, jangan terlalu lama.

• Masukkan transmisi pada gear 1
Tarik transmiri gear 1 dengan menarik handle kopling, lalu injak tuas transmisi ke arah depan.

• Lepas tuas kopling perlahan
Kemudian yang menjadi ciri khas dari motor kopling manual adalah ketika motor akan berjalan, lepaskanlah tuas kopling dengan pelan-pelan, jangan mendadak, karena jika mendadak motor langsung mati.

• Pindah ke gear selanjutnya setelah 10 km
Cara mengendarai motor kopling manual apabila motor telah berjalan sekitar 10 km/jam, ganti menjadi gear 2. Tekanlah tuas kopling dan injak tuas transmisi ke belakang. Tekanlah kopling secara penuh. Apabila akan berpindah pada gear yang selanjutnya caranya seperti cara di atas.

Ternyata cara mengendarai motor kopling manual tidak sesulit yang Anda bayangkan, bukan? Meskipun memang rumit, namun Anda akan mudah menjalankan apabila mengerti dan memahami cara yang benar cara mengendarai motor kopling di jalan raya. Lalu jika akan berhenti, tarik tuas kopling dan lepaskan gas dengan diiringi menekan rem. Dan apabila motor telah berhenti, buatlah posisi pada gear 1. Ungkit tuas transmisi setengah jangan penuh. Setelah netral, lepaskan tuas kopling dan putar kunci pada posisi OFF.

Kemudian Cara Mengendarai Motor Kopling di tanjakan terutama setelah berhenti adalah dengan menekan kopling dan rem. Naikkan gas lalu lepas rem dan kopling pelan-pelan, maka motor akan bergerak. Itulah ulasan mengenai cara mengendarai motor kopling manual bagi Anda terutama yang masih pemula. Untuk lebih meningkatkan kemampuan Anda, setelah memahami tekniknya, maka praktekkan dengan mantap di jalan yang sepi terlebih dahulu untuk latihan. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar